Seputar Beasiswa: Contoh Essay Beasiswa unggulan "AKU GENERASI UNGGUL KEBANGGAAN BANGSA INDONESIA "

Saturday, June 3, 2017

Contoh Essay Beasiswa unggulan "AKU GENERASI UNGGUL KEBANGGAAN BANGSA INDONESIA "

AKU GENERASI UNGGUL KEBANGGAAN BANGSA INDONESIA

Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia, dengan luas wilayah perairan hampir 70 persen dari luas keseluruhan Indonesia. Dengan luasnya wilayah perairan Indonesia, membuat negeri yang dijuluki Jamrud katulistiwa ini memiliki potensi kekayaan yang begitu melimpah. Bermacam-macam jenis flora dan fauna air di Indonesia membuat negeri ini semakin kaya. Kekayaan biota laut Indonesia sangat berpotensi untuk mensejahterakan rakyat Indonesia ditambah lagi dengan sumberdaya kelautan yang dimiliki Indonesia masih banyak yang belum dimanfaatkan, ibarat raksasa yang masih tidur (sleeping Giant) potensi Kelautan dan Perikanan Indonesia harus mampu di eksplorasi secara bijak untuk kesejahteraan rakyat.

 Indonesia merdeka sudah 70 tahun lamanya tapi potensi Sumber daya kelautan dan perikanan Indonesia yang melimpah belum mampu menjadi leading sector penguat ekonomi Nasional, dan belum mampu menjadi jaminan peningkatan kesejahteraan nelayan sebagai pelaku utama sektor kelautan dan perikanan serta masyarakat pada umumnya. Upaya pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan secara implisit menjadi porto folio dimulai pada masa pemerintahan Presiden Abdurahman Wahid (Gus dur) hingga saat ini Pemerintahan di pegang oleh Presiden Jokowi dengan Kabinet kerjanya sektor kelautan dan perikanan atau sektor maritim menjadi haluan pembangunan nasional hingga munculah jargon pemerintahan sekarang adalah menjadikan indonesia sebagai Poros Maritim Dunia ( PMD ), upaya – upaya tersebut kedepan sudah seharusnya mampu mewujudkan cita – cita nasional yaitu mensejahterakan rakyat secara keseluruhan.
 Saya sebagai pemuda indonesia, yang sedang mendalami ilmu kelautan merasa dunia kelautan indonesia dapat diperbaiki menjadi lebih baik, yang mana sektor kelautan indonesia belum memaksimalkan potensi dari sumber daya alam yang ada, yang kita ketahui bahwa nelayan indonesia masih belum dapat memaksimalkan hasil tangkapnya karena beberapa faktor,yaitu:
1. Tidak memadainya, peralatan tangkap sehingga tidak mampu bersaing dengan nelayan asing yang memakai peralatan tangkap lebih modern. 2. Sumberdaya manusia, yang memiliki kemampuan pemanfaatan Iptek dan pemahaman tentang inovasi yang rendah.
3. Perhatian pemerintah, dalam bagaimana pemanfaatan hasil tangkap baik dan berkualitas serta membuat industri perikanan.
Tidak memadainya peralatan tangkap, pun berimbas terhadap kelangsungan dan pencaharian nelayan indonesia, dikarenakan peralatan tangkap yang digunakan nelayan indonesia pada umumnya masih sederhana dan tradisional. Untuk dapat mempermudah dan menjaga kualitas tangkapan dalam berlangsungnya penangkapan. Pemerintah dan pemuda indonesia  harus bisa membuat suatu terobosan baru  dan alat yang dapat memudahkan nelayan indonesia dalam proses penangkapan ikan yang ada di laut indonesia. Semua ini berdampak terhadap kemampuan pemaanfaatan dan inovasi dalam Iptek yang pun belum maksimal di bidang kelautan, yang nantinya bisa mendorong kemajuan sektor kelautan indonesia.

Selanjutnya, kita harus bisa membuat nelayan indonesia dapat menggunakan pemanfaatan teknologi yang sudah ada. Sekaligus melakukan pembinaan terhadap nelayan-nelayan yang belum mengerti dan masih menggunakan alat tradisional, beganti menjadi mengerti terdahap alat dan teknologi baru yang dibuat khususnya untuk membantu dalam penangkapan hasil tangkap di laut indonesia. Membuat organisasi untuk terciptanya hubungan kerja atau mitra kerja pun sangat penting karena dapat membantu dan mempermudah nelayan-nelayan indonesia dalam memperjual belikan hasil tangkap dengan harga yang sebanding dengan harga pasarannya, karena selama ini banyak nelayan-nelayan indonesia tradisonal hanya terpaku dan menjual hasil tangkapannya ke tengkulak yang dimana nelayan akan menjual terhadapnya dengan harga yang murah, tetapi nanti akan dijual kemasyarakat dengan harga dua atau tiga kali lipat dari harga biasanya.

Menurut saya, pada pokok pembahasan pertama dapat diselesaikan dengan cara pengadaan penelitian dan riset terdahap teknologi yang mendung penangkapan nelayan indonesia, yang dimana peralatan dan alat yang ada masih sederhana dan minim. Nah, dengan adanya penelitian dan riset saya dan pemuda generasi unggul kebanggan bangsa indonesia lainnya akan membuka terciptanya alat-alat yang dapat membantu terhadap pelaksanaan nelayan indonesia dalam penangkapan. Seperti contoh: GPS atau radar pendeteksi adanya kelimpahan ikan sesuai dengan tempat dan musimnya. Jadi, tidak lagi nelayan indonesia terpaku terhadap insting yang diajarkan nenek moyang dulu melainkan mengunakan riset dan
data yang akurat, dan mengembangkan alat pancing yang sederhana menjadi lebih modern lagi agar mempermudah dalam proses penangkapan.

Selanjutnya, pada pokok pembahasan yang kedua dengan cara saya akan melakukan dan meminta membuat program terhadap himpunan mahasiswa dibidang kelautan dan perikanan yang berada di Universitas Jenderal Soedirman dalam rangka membuat penyuluhan atau pengarahan bagaimana cara menangkap yang ramah lingkungan dan cara penggunaan dan pengembangan alat yang lebih modern terhadap nelayan yang ada dipesisir indonesia, karena nelayan indonesia yang dulunya hanya tamat SMA saja dan bahkan banyak yang dulunya tidak bersekolah disebabkan dahulu orangtuanya yang dulu nelayan juga tidak mampu untuk menyekolahkan anak anaknya.

Pada pokok pembahasan yang terakhir adalah tugas dari pemerintahan, karena disini pun peran pemerintan sangat dibutuhkan terhadap tumbuh kembangnya kemajuan sektor kelautan Indonesia dengan cara yaitu saya akan ikut dalam program kerja lembaga lembaga yang dibawa kementrian kelautan dan perikanan Republik Indonesia yang melibatkan pemuda pemuda indonesia, serta ikut terlibat dalam membangun industri perikanan yang kuat dan berskala besar dengan ikut terlibatkan industri termasuk di dalamnya pembentukan kluster industri pasca panen ikan, klaster industri proses serta klaster industri sarana prasarana.

Saya juga percaya dengan kesadaran diri pemuda pemuda indonesia khususnya yang tinggal dipesisir pantai indonesia yang mau ikut memajukan perekonomian yang berada ditempat tinggal mereka, karena dengan kesadaran diri dari pemuda dibantu dengan pemerintahan akan menciptakan kemajuan di sektor kelautan dan perikanan indonesia dan khususnya pemuda yang berada di perkotaan juga bisa ikut membantu dengan cara melakukan gerakan makan ikan atau hasil tangkap laut indonesia, dengan begitu perekonomian indonesia akan maju dan merata khususnya di daerah pesisir pantai karena hasil tangkap mereka akan terjual habis dan nelayan tersebut bisa mengoptimalkan hasil tangkapannya untuk keluarga mereka serta pemuda yang mempunyai kelebihan dibidang IT bisa membuatkan aplikasi online terhadap nelayan indonesia dengan begitu transaksi dalam penjualan hasil tangkapan akan cepat dan terarah karena tidak terlibat orang ketiga yang bisanya membagi keuntungan dari hasil penjualan dengan begini nelayan indonesia akan sejaterah dan sektor kelautan dan perikanan indonesia akan maju.

Oleh karena itu, pemasalahan ini tidak dilimpahkan atau tanggung jawab dari pemerintahan saja, melainkan kita sebagai pemuda indonesia seharusnya ikut andil peran terhadap perkembangan dan kemajuan sektor kelautan dan perikanan indonesia. sehingga dalam memanfaatkan potensi laut perlu membangun kebersamaan sinergi dan kolaborasi yang kuat antar institusi, industri, masyarakat serta perguruan tinggi. Dengan kebersamaan yang harmonis ini kita akan bisa membangun kelautan kita serta memanfaatkan kekayaan itu untuk pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan dan kemakmuran bangsa.
Jika kita mampu melakukan kolaborasi dengan berpijak kepada tugas dan fungsi masingmasing komponen, niscaya potensi yang melimpah bisa dimanfaatkan dengan baik, karena itu kalau hari ini hanya segelintir pemuda yang mau hidup sebagai nelayan, maka kedepan nelayan generasi muda akan segera melaut. Laut akan menjadi tumpuan hidup bagi generasi muda, sehingga akan menjadi faktor kunci bagi pertumbuhan ekonomi di negara ini.
Inilah makna dari sebuah kedaulatan politik, kemandirian ekonomi serta kepribadian dalam berbudaya membangun masyarakat nelayan yang profesional, mengakibatkan industri perikanan tangkap menjadi produktif, selanjutnya sektor perikanan menjadi tumpuan harapan terhadap tumbuhnya kegiatan ekonomi dan pasar.

150 comments:

  1. kak, maaf mau nanya. kk lolos beasiswa unggulan gak? bagi tips nya dong kak hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kk salah satu yg lolos, yang penting si syarat2nya terpenuhi semua dan saat wawancara sejujur-jujurnya serta tunjukin kamu seorang yang pantas diloloskan.

      Delete
    2. sertifikat TOEFL juga kamu masukin?

      Delete
    3. kalo kamu punya, masukin ajaa. soalnya ga wajib kan di persyaratannya

      Delete
  2. bg, pendidikan terakhir saya SMA, jadi harus dimasukkan nilai rapor juga bg, saya sudah semester 2 bg...

    ReplyDelete
  3. Kak mau tanya, ini kan saya ngga ada juara2 waktu S1. apakah memungkinkan untuk lolos/? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja.. nanti tergantung berkas dan seleksi pada tahap wawancara jika dinyatakan lolos berkas

      Delete
  4. Maaf saya mau nanya untuk tes wawancara menggunakan bahasa ingris apa indonesia? Terimakasih

    ReplyDelete
  5. kak frans, boleh saya melihat proposal kak frans, saya salah satu pelamar BU batch 2 kak, kalau boleh :),
    ngomong2 kak frans BU S1 atau S2, terimakasih jawabannya

    ReplyDelete
  6. kak, frans.. kalo boleh saya juga minta proposal rencana studinya
    email: muhammadmahdi93@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. saya juga ingin mencoba beasiswa ini kak, apa saya boleh meminta contoh proposal rencana studinya?,,,
      ajiutomo41@gmail.com

      Delete
    3. hallo saya wiana laelaputri chairunnisa, sekarang saya mahasiswa semester 2 di hukum undip, saya mau mencoba mendaftar beasiswa unggulan juga tahun ini. mas tolong bantuannya, tolong kirimkan contoh proposal rencana studinya, di wiana_ch@yahoo.com , terimakasih banyak, salam sukses

      Delete
    4. Hallo kak, Saya Tiurma Ade, saya mahasiswa semester 2 di Universitas Sriwijaya. Saya mau mencoba mengikuti ini. Contoh proposal rencana studinya bagaimana, mohon bantuannya kak kirim via email saya tiurmaaderiana@gmail.com. Terima Kasih kak.

      Delete
    5. kak boleh minta contoh proposal rencana studinya gk?

      Delete
    6. kak boleh minta contoh proposal rencana studinya gk? merzaproleta@gmail.com

      Delete
    7. Ka saya juga boleh lihat contoh proposal rencana studinya? Email saya feriahuta@gmail.com

      Delete
    8. Assalamualaikum warahmatullahi kak..apakah saya bsa melihat contoh proposal nya kk?
      ini email ku kak nmulyarti@gmail.com
      terimakasih sebelumnya

      Delete
    9. Kak saya juga coba daftar beasiswa ini, tapi bingung bikin proposalnya. Jadi kak apakah saya boleh mintah contoh proposalnya?
      Klo boleh ini email aku kak: alextanan01@gmail.com
      Terima kasih kak

      Delete
  7. Selamat malam.
    Apakah saya boleh meminta contoh proposal rencana studi kakak? Email saya, nurulkhairunnisa97@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum kak frans..boleh saya minta contoh proposal rencana studi milik kakak?
      iyutchintia25@gmail.com

      Delete
    2. Apakah saya juga boleh kak meminta proposal rencana studi kaka? Jika berkenan tolong dikirim ke email saya ya kak anindy99@gmail.com, terima kasih kak:)

      Delete
    3. Kak boleh krim rencana studi kaka ? mince0607qq@gmail.com . Makasih kk

      Delete
  8. Kak saya juga calon BU boleh mnta contoh proposal rencana studi kakak? Email saya nuroctavianti@ymail. Com

    ReplyDelete
  9. Kak saya juga calon BU boleh mnta contoh proposal rencana studi kakak? Email saya nuroctavianti@ymail. Com

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek atrikel kakak yang lain.. sudah ada kok dan sudah dipost

      Delete
  10. Bang kalau boleh saya juga minta contoh proposal rencana studinya dong😀
    Email saya windasrs19@gmail. com

    ReplyDelete
  11. Bang kalau boleh saya juga minta contoh proposal rencana studinya dong😀
    Email saya windasrs19@gmail. com

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek atrikel kakak yang lain.. sudah ada kok dan sudah dipost

      Delete
  12. Bang, boleh kirimin juga contoh proposal rencana studinya.
    I hope your mercy ��
    Email saya: zulkariskandar31@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek atrikel kakak yang lain.. sudah ada kok dan sudah dipost

      Delete
  13. Kak, boleh kirimin contoh proposal rencana studinya ? saya butuh banget sebagai bahan referensi saya. terima kasih

    email saya : prayogadwiwibowo629@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek atrikel kakak yang lain.. sudah ada kok dan sudah dipost

      Delete
  14. Kak boleh berbagi proposalnya ngak?? Ini email saya faridfakih3@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek atrikel kakak yang lain.. sudah ada kok dan sudah dipost

      Delete
  15. Kak saya juga ingin melihat proposal rencana studi kakak untuk dijadikan contoh, kalau boleh ini email saya kak nurfazrioktavias@gmail.com :)

    ReplyDelete
  16. siang kak,apakah saya boleh meminta contoh proposal studi kakak untuk dijadikan contoh? kalau boleh ini email saya kak cattleyapamela198@gmail.com

    ReplyDelete
  17. siang kak,apakah saya boleh meminta contoh proposal studi kakak untuk dijadikan contoh? kalau boleh ini email saya kak cattleyapamela198@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek atrikel kakak yang lain.. sudah ada kok dan sudah dipost

      Delete
  18. maaf kak saya boleh minta contoh proposal kk? ini email saya hananafisah99@gmail.com terimakasih kak,saya tunggu email dari kk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek atrikel kakak yang lain.. sudah ada kok dan sudah dipost

      Delete
  19. Kak boleh minta contoh proposal studinya? terima kasih
    Email: mike.gustriani98@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek atrikel kakak yang lain.. sudah ada kok dan sudah dipost

      Delete
  20. kalau boleh saya juga mau lihat proposalnya studinya nurulizzah131.ni@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek atrikel kakak yang lain.. sudah ada kok dan sudah dipost

      Delete
  21. kak maaf aku juga boleh liat prosoalnya? email ku yesi.amalia@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek atrikel kakak yang lain.. sudah ada kok dan sudah dipost

      Delete
  22. Mas apakah saya juga boleh melihat proposalnya? jika berkenan dapat dikirimkan ke miftafai@gmail.com. Terima kasih.

    ReplyDelete
  23. kak farns kalo boleh aku minta proposal rencana studinya,
    ini emailku syarivlapa@gmail.com
    makasih

    ReplyDelete
  24. maaf kak saya boleh minta contoh proposal kk? ini email saya
    SukardiLiwan@gmail.com
    terimakasih kak,saya tunggu email dari kk :)

    ReplyDelete
  25. maaf kak saya boleh minta contoh proposal kk? ini email saya
    SukardiLiwan@gmail.com
    terimakasih kak,saya tunggu email dari kk :)

    ReplyDelete
  26. maaf kak saya boleh minta contoh proposal kk? ini email saya
    SukardiLiwan@gmail.com
    terimakasih kak,saya tunggu email dari kk :)

    ReplyDelete
  27. Kak saya juga mengikuti BU, jika berkenan boleh kirim contoh proposal rencana studinya ke email tsabitamaharany20@gmail.com

    terimakasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek atrikel kakak yang lain.. sudah ada kok dan sudah dipost

      Delete
  28. selamat malam ka frans, saya boleh minta proposal rencana studi kaka ngga? untuk saya jadikan referensi. E-mail saya uptouwaelah@gmail.com
    terima kasih ka^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek atrikel kakak yang lain.. sudah ada kok dan sudah dipost

      Delete
  29. coba cek artikel saya yang lain, sepertinya saya sudah share untuk contoh

    ReplyDelete
  30. maaf untuk email late respon,, jika ingin nanya nanya bisa follow dan dm ke ig: Fransiskvs . Terimakasih~

    ReplyDelete
    Replies
    1. assalamualaikum ka.. ka mau tanya waktu kk daftar beasiswa sertifikat yg kk serahin berapa sertifikat?

      Delete
  31. ini contoh esaynya brapa halaman

    ReplyDelete
  32. Essainya bagus kakk...
    Btw aku mau nanya, kalau yg di pake sertifikat juara pas SMA boleh ga kak ?

    ReplyDelete
  33. Kak, kalau mahasiswa baru lulusan SMA itu surat rekomendasi nya dari mana? Thanks

    ReplyDelete
  34. assalamualaikum ka, mau nanya, waktu kk daftar beasiswa sertifikat yg kk serahin berapa?

    ReplyDelete
  35. kalau toefl kita kurang gimana ya? bingung....

    ReplyDelete
  36. kak boleh lihat proposal kakak juga?
    kalau boleh emailnya fhisilmi.anwar@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan cek artikel yg lain dr blog ini.. ada contohnya

      Delete
    2. "aku generasi unggul kebanggaan bangsa Indonesia" itu tema atau judul kak??

      Delete
  37. Kak saya mau minta contoh proposalnya boleh? saya mendaftar BU batch 2. yemimaagnetha@gmail.com
    terimakasih kak

    ReplyDelete
  38. kak, mau tanya surat rekomendasi dari civitas akademik cara nya gimana ya,,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya mungkin ada yg berbeda beda, biasanya akses di web fakultas kamu, nanti tinggal diprint dan minta cap & ttd bapendik

      Delete
  39. Kak mau tanya untuk wawancaranya itu dikota masing2 atau gimana? Lalu pas wawancara ada batasan harinyakah atau hanya disatu hari? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kota masing2 tergantung Provinsinya, iya hanya satu hari saja

      Delete
  40. kak saya juga mau BU, bisa kirimin proposal kakak
    email saya
    alimpribadianto98@gmail.com

    ReplyDelete
  41. kak saya juga mau BU, bisa kirimin proposal kakak
    email saya
    alimpribadianto98@gmail.com

    ReplyDelete
  42. ka, boleh minta proposal studi kaka ngga? email: listiawati.viani@gmail.com

    ReplyDelete
  43. Artikel nya sangat membantu kak.. saya berencana mau ikut beasiswa unggulan 2018 kak,, kalo diperbolehkan, saya bisa minta proposal studi kak Frans ? terimkasih sebelumnya. email : viviqisthy00@gmail.com

    ReplyDelete
  44. Assalamualaikum..😊
    SEGERA JOIN DI AGEN PULSA PALING MURAH

    Promo 50.000 khusus untuk yang mau join.. Harga normal 100.000

    Dari modal ga seberapa hasilkan income luarbiasa 💵

    ▶Hari2 mu gitu aja?
    Main hp tp gak menghasilkan?
    Mending hp nya dimanfaatin buat cari uang yuk !
    ✔Modal 1x aja UNTUNG berkali-kali

    ✔Sambil kerja+kuliah bisa menghasilkan uang..

    ✔Lagi liburan, jalan2, tidur dpt juga dapat menghasilkan

    ♥ Modal receh hasil ratusan sampai jutaan, mulai dari anak sekolahan sampai OPA OMA yg punya gadget bisa join!
    ♥ Kerja simple, dan pastinya halal
    ♥ Dibimbing sampai paham
    ♥ Admin ramah dan profesional

    YUK SEGERA JOIN〓
    Cp: WA 082284004682
    Line : rafikaapoetrii

    ReplyDelete
  45. Terimakasih essay nya kak:))
    Sangat membantu sekali. Sukses terus yaa kak! :))

    ReplyDelete
  46. ka boleh minta contoh essay dan rencana studi kk ke email heny292@gmail.com

    ReplyDelete
  47. kak saya minta contoh porosalnya dongg,ini email sya kak nadiabaharuddin1999@gmail,com

    ReplyDelete
  48. hallooo ka, boleh meminta contoh proposal rencana studinya ridha2285@gmail.com

    ReplyDelete
  49. kak saya minta contoh proposal rencana studinya kak , titinhatake36@gmail.com

    ReplyDelete
  50. Bg kalo saya asal dari Aceh, wawancara nya dimana ya??
    Mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
  51. Bg minta kirim contoh essay dan proposal nya
    Eka.putriharya@gmail.com

    ReplyDelete
  52. Bg minta kirim contoh essay dan proposal nya
    Eka.putriharya@gmail.com

    ReplyDelete
  53. Kak Boleh minta No WA nua buat tanya 2 sputar BU tahun 2018 saya insyaalloh lagi ikutan a

    ReplyDelete
  54. Kak Boleh minta No WA nua buat tanya 2 sputar BU tahun 2018 saya insyaalloh lagi ikutan a

    ReplyDelete
  55. kak frans saya pelamar beasiswa unggulan 2018. saya boleh minta file proposal rencana studi kakak sbg acuan saya kak?
    saragihrifaldo0@gmail.com

    ReplyDelete
  56. kak tips dan trik lolos wawancara dong, kalau boleh masukan dan saran. serta kira-kira apa yang di tanyakan

    ReplyDelete
  57. Kak bisa minta contoh essaynya ngga ??

    ReplyDelete
  58. Kak bisa minta contoh essaynya ngga ??

    ReplyDelete
  59. kakak, saya boleh minta proposal rencana studinya atau tidak? untuk di jadikan acuan dan referensi saya kak.. terimakasih sebelumnya
    email : niniktriastutik@gmail.com

    ReplyDelete
  60. Kaka , saya boleh minta contoh essai sma proposal rencana studi soalnya saya juga mau ngedaftar Bu batch 1 . Ini email sya kak acengahmad390@gmail.com .
    Mohon maaf sebrlsebel kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak boleh minta contoh proposal BU ?
      Email : ceceuziafauzia@gmail.com

      Delete
    2. Saya juga bro bagi dong contoh proposalnya alvinalasi78@gmail.com

      Delete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  62. Assalamualaikum kak frans, boleh kirimkan contoh proposalnya , tolong kirim ke email melizaputri12@gmailgmail .com

    ReplyDelete
  63. Kak frans, boleh kirimkan proposal studinya ke prinanda50@gmail.com. Terima kasih banyak

    ReplyDelete
  64. kak frans, waktu wawancaranya itu pertanyaannya dari essay kita atau gimana mas? makasih sebelumnya mas

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. Bang, bopeh minta email nya? Saya mau sharing karna saya ingin mendaftar BU batch 2 tahun ini:)

    ReplyDelete
  67. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  68. Kak frans saya blh minta contoh essay dan proposal BUnya ?
    Lewat email saya
    Fellisia2813@gmail.com
    Saya juga ingin join batch 2 BU tahun ni
    Mohon bantuan kak frans
    Terimakasih

    ReplyDelete
  69. Kak frans saya blh minta contoh essay dan proposal BUnya ?
    Lewat email saya
    Fellisia2813@gmail.com
    Saya juga ingin join batch 2 BU tahun ni
    Mohon bantuan kak frans
    Terimakasih

    ReplyDelete
  70. kak frans saya boleh minta bantuan untuk lihat contoh proposl BU nya kak ?
    boleh diikirim ke email saya ka putrinabila668@gmail.com
    mohon bantuannya kak frans
    maakasih ka

    ReplyDelete
  71. kak mau tanya dong, essay yang kita buat itu tema nya ditentuin dari sana atau gimna kak?

    ReplyDelete
  72. Assalamu alaikum kak
    Apakah boleh saya meminta rancangan studi kakak? Email aku arkihaikal@gmail.com minta tolong yah kak hehehe

    ReplyDelete
  73. kak boleh minta rancangan studinya,ke email vernurhykal01@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  74. Kak, bagaimana jika dosen di fakultas sayak tidak mau menandatangani surat rekomendasi dari BU karena bukan berasal dari fakultas, apakah surat rekomendasi dari BU bisa diganti dengan surat rekomendasi dari Fakultas?

    ReplyDelete
  75. Hallo kak ,boleh minta kirimkan contoh proposal rencana studi ke email saya cindyafriani15@gmail.con

    ReplyDelete
  76. kak, frans.. kalo boleh saya juga minta proposal rencana studinya..

    Email : nindy27.nd@gmail.com

    ReplyDelete
  77. Kak boleh minta proposal untuk mendaftar BU?.boleh dikirim di email saya :durotunnikmah95@gmail.com

    ReplyDelete
  78. Kak,boleh minta contoh proposalnya ..
    Email:durotunnikmah95@gmail.com

    ReplyDelete
  79. kak maaf sebelumnya saya boleh minta juga proposal dan rencana studinya? klo boleh kirimin ke e-mailku kak d muhidabd9@gmail.com

    ReplyDelete
  80. kaa maaf saya boleh ga dikirimin juga proposalnya ? soalnya saya juga lagi mau daftar beasiswa BU :" mohon bantuannyaa kaa. kalo boleh dikirimin ke email saya aja ya : saniaanwaar15@gmail.com. nanti untuk kontak lebih lanjut disana ya ka terimakasi mohon bantuannya

    ReplyDelete
  81. Kak mau nnya harus ada sertifikat toefl ya??

    ReplyDelete
  82. Assalamualaikum kak, kalau boleh saya juga mau minta proposalnya kak , soalnya saya juga ada daftar beasiswa nyaa kalau boleh kirim di email saya kak yaa
    meriannisa1804@gmail.com mkasih banyak kak yaa

    ReplyDelete
  83. Kak, saya. Oleh lihat proposal rencana studinya kak?
    galuhhayyu1361@gmail.com

    ReplyDelete
  84. permisi kak apakah saya juga boleh meminta proposal rencana studi
    maharanisoraya0525@gmail.com

    ReplyDelete
  85. Selamat sore
    Apakah saya boleh meminta contoh proposal rencana studi kakak? Email saya, tiaagusta9@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete

  86. permisi kak apakah saya juga boleh meminta proposal rencana studinya kak?Email saya,
    Sitinurmianti4599@gmail.com

    ReplyDelete
  87. Salam semangat kak,
    Sy Wahyu Nisrina mahasiswi smt 1 jenjang S1, maaf sebelumnya boleh saya minta proposal rencana studi kk?
    wahyunisrina12@gmail.com
    Terimakasih atas kesediaannya

    ReplyDelete
  88. kak mau contoh proposalnyaa putrianafirst@gmail.com

    ReplyDelete
  89. Assalammualaikum ka saya mau bertanya, sertifikat apa saja yang kaka lampirkan ?
    Saya hanya punya sertikitat KSN tingkat kabupaten dan tingkat sekolah, apakah itu memiliki peluang untuk lolos?

    ReplyDelete