Seputar Beasiswa

Wednesday, May 17, 2017

Contoh Essay (Esai) LPDP

Contoh Essay (Esai) LPDP - Kontribusiku bagi Indonesia


Kontribusiku bagi Indonesia
Kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan untuk masyarakat / lembaga / instansi / profesi komunitas saya

Ketika masih sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI), saya tidak hanya membantu ayah saya mengajar mengaji anak-anak di sekitar lingkungan rumah saya di rumah saya tapi juga saya mengajar mengaji di Mesjid. Di rumah saya, ayah saya membuka perkumpulan mengaji bagi anak-anak sekitar rumah saya. Di mesjid saya juga ikut menjadi santri pada TKA (Taman Kana-kanak Al-Qur an) dan TPA (Taman Pendidikan Al-Qur an). Saya pada waktu itu bergabung sebagai remaja mesjid; saya ikut membantu dalam urusan-urusan mesjid misalkan membunyikan radio mesjid, menjadi muadzin, membersihkan mesjid. Kegiatan mengajar mengaji di TKA dan TPA terus saya lakukan hingga tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Ketika mulai aktif di perkuliahan S1, saya bergabung dengan klub bahasa Inggris. Di lingkungan ini saya ikut menjadi salah satu instruktur bahasa Inggris secara sukarelawan. Saya juga ikut bergabung dengan organisasi sosial Team Pemuda 17 walaupun saya tidak sempat mengikuti banyak program dikarenakan ketika saya mulai bergabung organisasi ini pun dalam keadaan pasif. Saya sempat mengikuti salah satu program yang di mana kami anggota Team Pemuda 17 diundang untuk mengikuti program organisasi sosial Jalan-Jalan Sore (JJS). Pada waktu itu JJS mengadakan buka bersama terhadap perkampungan masyarakat yang sehari-harinya berkerja sebagai pemulung dan hampir tidak satupun anak mereka bersekolah.

Ketika mengikuti program itu, saya berinisiatif bahwa alangkah lebih baik jika kita menyediakan pendidikan bagi anak-anak pemulung ini selain dari bantuan makanan, pakaian, dan hal-hal lain yang bersifat sementara. Inisiatif sayapun saya sampaikan ke organisasi sosial Team Pemuda 17, namun karena anggota-anggotanya mulai pasif maka sayapun berinisiatif untuk membangun komunitas saya sendiri. Saya kemudian mengundang beberapa teman dekat saya untuk mengajar anak-anak pemulung ini. Dengan modal sumbangan keluarga dan teman dekat kami mulai mengumpulkan alat pengajaran dan pembelajaran termasuk papan tulis, spidol, buku2 bekas dan lain-lainnya. Kami mengajar anak-anak mulai dari mengenal huruf abjad, angka, membaca, mengaji, agama, hingga bahasa Inggrispun mulai kami perkenalkan.

Dalam bidang saya sendiri, saya ikut mengajar di beberapa institusi swasta dan juga institusi negeri yaitu kampus saya Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin. Dengan ilmu bahasa Inggris yang saat ini saya punya, saya membantu orang lain dalam mempelajari bahasa Inggris mengingat pentinganya peranan bahasa Inggris di era modern sekarang ini. Penelitian saya di S1, saya fokuskan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mahasiswa UIN Alauddin Makassar yang pada waktu itu sedang berada di semester 1 dan 2. Variabel yang saya tekankan pada waktu itu ialah materi Subject-Verb Agreement yang merupakan salah satu materi mendasar untuk bisa mengerjakan soal TOEFL (Test of English as a Foreign Language). Tes TOEFL sangalah penting bagi mahasiswa mengingat sebagai persyaratan mengikuti berbagai beasiswa baik dalam maupun luar negeri. Dan hal ini secara umum sangat memotivasi siswa.

Selain itu, saya juga aktif menyediakan materi bahasa Inggris di dunia maya (online). Sejak masih duduk di bangku kuliah S1, saya aktif menyediakan materi berbahasa Inggris di blog. Saat ini saya memiliki dua blog bahasa Inggris yang aktif yang mencapai pengunjung hingga ribuan perharinya. Fan Page Facebook yang saya kelola mencapai lebih dari seribu pengikut (likers).

Ke depannya saya sangat merencanakan karir saya dalam bidang pengajaran bahasa Inggris. Saat ini jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di UIN Alauddin Makassar masih terakreditasi C. Sepengetahuan terbaik saya, hal ini termasuk dikarenakan tidak adanya seorang professor pun pada bidang pengajaran bahasa Inggris di UIN Alauddin. Saat ini pun baru satu orang dosen yang baru selesai program Doktor (S3) pada bidang Linguistik; beliau adalah ketua jurusan saya Dr. Hj. Djuwairiah Ahmad, M.Pd., M.TESOL. Dengan menyelesaikan studi master saya di bidang pengajaran bahasa Inggris (TESOL), saya berkesempatan untuk melanjutkan studi Doktor (S3) saya pada bidang yang sama. Saya merencanakan diri saya untuk bisa menjadi professor di bidang pengajaran bahasa Inggris di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di UIN Alauddin Makassar. Dengan menjadi professor, saya tentunya akan banyak memberi manfaat termasuk dalam pengajaran, penelitian, publikasi artikel internasional, seminar, penulisan buku,  dan lainnnya. 

Global Warming

Contoh Artikel Tentang Global Warming

Contoh Artikel Tentang Global Warming - Artikel berikut, membahas mengenai salah satu isu paling besar di era ini, Global Warming. Semoga bermanfaat. 

Global Warming


Global warming atau dikenal juga dengan pemanasan global adalah salah satu isu yang menjadi sorotan dalam topik lingkungan hidup organisme. Pasalnya, pemanasan global yang terjadi makin bertambah efeknya dari tahun ke tahun yang dapat kita rasakan pada kehidupan di bumi. Lantas, apakah sebenarnya yang disebut dengan global warming??? Apakah yang menyebabkan global warming terjadi??? Lalu, Bagaimana cara penanggulangan efek dari global warming yang telah berlangsung??? Kali ini kelasindonesia.com akan memberikan uraian sebagai informasi akan isu tentang global warming.

Pengertian

Global warming adalah suatu peristiwa dimana terjadi peningkatan suhu di atmosfer dan permukaan bumi (suhu global).  Peningkatan suhu di bumi tentu akan membawa dampak yang cukup besar dan menyebabkan pada perubahan tatanan ekologi suatu kehidupan. Suhu merupakan salah satu unsur abiotik dalam suatu ekosistem. Suhu memepengaruhi iklim dan juga metabolisme organisme. Setiap organisme memiliki suhu optimum dalam melakukan metabolisme yang penting dalam mempertahankan suatu kehidupan. Dengan demikian, berubahnya suhu maka akan mempengaruhi metabolisme suatu organisme, yang dapat menghambat atau berujung pada sebuah kematian.

Suhu suau wilayah sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan biotik dan abiotik. Menumpukknya gas-gas pencemar di udara menjadi salah satu hal yang menyebabkan suhu meningkat. Jika suatu lingkungan ekosistem mengalami perubahan suhu, maka akan mengubah semua tatanan ekosistem di dalamnya, seperti besarnya penguapan air, kelembapan udara, selain itu terhambatnya pertumbuhan tumbuhan, migrasi sebagian hewan karena tidak terdapat makanan dan lain-lain. Dari penjabaran awal mengenai efek perubahan suhu tentu kita dapat mengaplikasikan jika suhu yang berubah ialah suhu gobal, dalam arti seluruh permukaan bumi di belahan manapun mengalami peningkatan. Dengan demikian, efek yang ditimbulkan akan dirasakan dan saling mempengaruhi antar wilayah di bumi.

Menurut penelitian pengamat ekologi lingkungan, pada abad ke-21 ini suhu bumi mengalami peningkatan sebesar 4°C. Kenaikan suhu ini diakibatkan oleh penumpukkan gas-gas emisi bahan bakar yang merupakan akumulasi dari kehidupan sebelumnya. Kenaikan suhu yang terjadi saat ini, cukup membuat gletser di kutub meleleh, akibatnya mengancam kehidupan organisme yang ada di daerah kutub. Selain itu, mencairnya gletser di kutub membuat permukaan air laut meningkat, sehingga membuat beberapa dataran (terutama dataran rendah) terendam dan terancam akan tenggelam.
Penyebab


Lantas siapakah yang patut bertanggung jawab akan peningkatan suhu bumi ini??? Pertanyaan tersebut bagai sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh seorang pencuri terhadap pencuri lainnya. Setiap makhluk hidup (terutama manusia) memiliki andil dalam peningkatan suhu yang terjadi. Sejumlah senyawa yang digadang-gadang disebut sebagai penyebab peningkatan suhu bumi. Adalah gas-gas yang berasal dari pembakaran yaitu senyawa karbon, CFC, dianggap sebagai senyawa utama yang menyebabkan suhu bumi makin meningkat. Aktivitas pembakaran memang senantiasa terjadi dalam kehidupan organisme (respirasi), namun sejak revolusi industri adalah suatu era dimana area industri yang melakukan pembakaran menyumbang senyawa karbon di atmosfer. Berikut uraian mengenai senyawa-senyawa yang menyumbang peningkatan suhu bumi dan memimbulkan global warming.

1. Senyawa Karbon

Unsur karbon merupakan unsur organik penyusun suatu kehidupan. Senyawa-senyawa utama yang dibutuhkan oleh organisme mengandung senyawa ini sebagai senyawa utama. Namun, hasil buangan organisme yang berupa senyawa karbon dari proses respirasi juga mengandung senyawa karbon dalam bentuk gas yaitu karbondioksida (CO2). Selain CO2, senyawa karbon lain dalam bentuk gas ialah karmonmonoksida (CO). Selain berasal dari pembakaran zat makanan pada organisme, CO2 juga berasal dari pembakaran bahan bakar fosil organisme lainnya. Sementara senyawa CO berasal dari hasil pembakaran yang tidak sempurna. Intinya baik CO2 maupun CO keduanya berasal dari pembakaran aktivitas manusia.

Apakah dampak peningkatan senyawa karbon dengan global warming? Penumpukkan emisi karbon di atmosfer akan membentuk sebuah lapisan yang menahan panas bumi ke luar. Dengan demikian, panas yang dihasilkan bumi akan tepantul kembali ke dalam dan meningkatkan suhu atmosfer ini, peristiwa tersebut dikenal dengan efek rumah kaca. Pembakaran dengan penggunaan bahan bakar fosil oleh rumah tangga dan juga industri maupun kendaraan menyumbang emisi gas karbon di udara. Selain itu, hasil respirasi makhluk hidup yang populasinya kian meningkat juga membuat konsentrasi senyawa karbon menumpuk.

2. CFC

Kloro floro karbon atau CFC merupkan senywa yang biasa digunakan dalam alat pendingin dan dalam produk-produk aerosol (spray). Lepasnya senyawa ini akan membawa bencana, terlebih lagi senyawa ini banyak digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-sehari.

CFC ditunjuk sebagai senyawa yang bertanggung jawab akan penipisan ozon. Bumi dan dan juga planet lainnya menerima pasa yang dipancarkan oleh matahari. Sinar matahari menergi yang sangat besar hingga dapat merusak sebuah kehidupan. Namun, istimewanya bumi, memiliki semacam pelindung yang disebut dengan lapisan ozon, yang dapat meredam energi yang dipacarkan oleh matahari. Dengan demikian, energi dari sinar matahari yang masuk ke bumi lebih aman dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh makhluk hidup. Namun, sayangnya lapisan ozon pelindung bumi ini makin lama makin terkikis, sehingga tidak dapat lagi melindungi bumi secara maksimal.

Terbebasnya CFC ke atmosfer akan terurai oleh sinar UV dari matahari menjadi senyawa-senyawa penyusunnya yakni klorin, flour, dan karbon. Atom klorin yang bebas ini kemudian akan bereaksi dengan atom penyusun ozon, oksigen. Akibatnya, karena CFC yang terbebas makin menumpuk menyebabkan oksigen penyusun ozon berikatan dengan klorin dan menyebabkan lapisan ozon makin menipis lambat laun menjadi berlubang. Dewasa ini diketahui lubang ozon yang terbentuk makin besar. Diprediksikan lapisan ozon akan musnah bila semua oksigen penyusun ozon berhasil diikat oleh atom klorin dari senyawa CFC yang makin menumpuk di atmosfer. Dengan demikian, panas dari matahari tak dapat dibendung seperti semula dan berpotensi untuk mencairkan seluruh gunung es dan memusnakan kehidupan biota di dalamnya. Sekarang ini kita telah merasakannya dampak dari teriknya matahari yang luar biasa, beberapa kasus kanker kulit dan katarak adalah salah satu contoh dari energi yang terlalu besar dari matahari dengan lapisan ozon yang makin menipis.

Penanggulangan

Pemanasan global yang terjadi saat ini adalah hasil dari suatu proses yang amat panjang, sehingga tidak dapat ditanggulangi dalam waktu yang sangat singkat. Yang dapat kita lakukan untuk mencegah agar peristiwa ini tak berlangsung semakin parah maka kita dapat melakukan hal-hal beriku ini:

1. Kurangi penggunaan senyawa karbon
2. Gunakanlah bahan bakar yang ramah lingkungan
3. Kurangi menggunakan produk-produk yang menggunakan CFC
4. Galakkan reboisasi

Sedikit langkah kecil kita mungkin tak dapat memperbaiki namun mungkin dapat memberi arti dan harapan untuk kehidupan para generasi yang akan datang.


Contoh Artikel Tentang Narkoba

Contoh Artikel Tentang Narkoba

Contoh Artikel Tentang Narkoba - Di bawah ini, terdapat sebuah contoh artikel yang mengulas mengenai narkoba. Semoga bermanfaat.

Narkoba 


Bulan April lalu, kita telah menyaksikan tujuh terpidana mati yag berasal dari luar negeri (WNA) dan satu orang WNI yang dieksekusi hukuman mati. Banyak yang menentang akan keputusan ini, namun juga banyak yang mendukung akan keputusan pemerintah Indonesia. Pihak BNN sendiri menjelaskan kepada publik agar mengerti akan keputusan yang telah ditetapkan kepada para terpidana mati tersebut.  Hal ini karena narkoba yang mereka bawa telah merusak jutaan kehidupan generasi penerus bangsa Indonesia. Sangat miris setelah mengetahui bahwa sekitar 5,1 juta penduduk Indonesia terjangkit obat haram ini. Oleh karena itu, Indonesia dikatakan dalam status “gawat narkoba”. Pihak BNN mengatakan bahwa sekitar 33 orang meninggal per hari karena kasus narkoba, dan rata-rata mereka (pecandu narkoba) ialah penduduk dengan usia 10-59 tahun. Dengan demikian, maksud dan tujuan dari eksekusi mati bagi para bandar narkoba ialah untuk memberikan efek jera. Dalam kesempatan kali ini, kelasindonesia.com akan membahas mengenai isu-isu terkait narkoba serta mengapa pemerintah mengecam keras akan bahaya yang ditimbulkan dari penggunaan obat terlarang ini.

Pengertian

Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Narkoba ialah sekelompok zat yang dapat memberikan efek adiksi (kecanduan). Sejatinya, narkoba digunakan untuk keperluan medis seprti obat bius dan lain-lain. Namun, kini terjadi penyalahgunaan obat terlarang ini, kini semua orang dapat dengan mudah mendapatkan obat terlarang ini. Bahkan ada industri yang sengaja memproduksi obat terlarang ini untuk dipasarkan secara bebas, bukan untuk keperluan medis. Penyebaran yang sangat luas akan obat terlarang ini tak seperti mencari sumber kebocoran pada suatu pipa. Pasalnya, oknum-oknum besar dan juga yang bertanggung jawab akan keamanan suatu negara justru ikut terlibat dalam penyelundupan barang haram ini ke tanah air. Oleh karena itu, pemerintah harus dengan keras dan tegas untuk mencari oknum yang bertanggung jawab akan masuknya barang haram ini ke tanah air. jenis-jenis narkoba dibedakan berdasarkan bahan, cara pembuatan serta efek yang diberikan kepada tubuh.
1. Narkotika

Menurut UU No. 35 Tahun 2009 mendefinisikan narkotika sebagai suatu senyawa yang berasal baik dari tanaman atau bukan, sintesik atapun semi sintesik yang memberikan efek terhadap penurunan / perubahan kesadaran dan menimbulkan ketergantungan. Adapu yang termasuk narkoba ialah ganja, opium, heroin, kokain, serta turunannya.

2. Psikotropika

Definisi psikotropika menurut UU No. 5 Tahun 1997 mengatakan bahwa psikotropika adalah senyawa alami maupun sintesis yang bukan dari golongan narkotika yang dapat menyebabkan khasiat psikoaktif (mempengaruhi syaraf) sehingga menyebabkan perubahan mental dan perilaku seseorang. Yang termasuk psikotropika ialah pil KB, magadon, shabu-shabu, ekstasi, LSD, dan lain-lain.
3. Zat adiktif lainnya

Yang termasuk ke dalam golongan ini ialah kelompok senyawa yang dapat menyebabkan kecanduan atau adiksi. Contohnya ialah kopi, alkohol, nikotin.

Pengaruh Narkoba

Seperti yang telah diuraikan di atas, penggunaan senyawa narkoba dilegalkan dalam dunia medis untuk keperluan pengobatan. Namun, penyalahgunaan narkoba bagi orang-orang yang tidak membutuhkan akan menimbulkan berbagai dampak negatif yang merugikan. Adapun pengaruh atau dampak buruk yang ditimbulkan oleh narkoba ialah:
1. Kecanduan

Efek pertama yang terjadi akibat konsumsi senyawa narkoba ialah kecanduan. Senyawa narkoba ini memberikan rasa adiktif kepada siapa yang mencobanya. Hati-hati kepada ajakan seseorang yang memberikan senyawa ini secara gratis, karena sekali mencoba pasti ingin merasakannya lagi. Inilah yang disebut dengan kecanduan. 

2. Gangguan metabolisme

Seorang pecandu narkoba akan mengalami berbagai gangguan metabolisme mulai dari kesehatan fisik maupun mental. Hilangnya kesadaran, menurunnya stamina, dan kinerja organ tubuh adalah salah satu efek yang dapat dirasakan akibat mengkonsumsi narkoba. Sementara gangguan mental yang dapat terjadi ialah ganggua emosi. Pecandu narkoba cenderung memiliki emosi yang tidak terkontrol, sering marah-marah, dan tidak memiliki nilai empati terhadap sesama. Yang ada difikiran seorang pecandu ialah hanya obat itu saja. Ia rela tak makan asal dapat mengkonsumsi obat tersebut, sungguh miris.

3. Mendorong perbuatan kriminal

Senyawa narkoba memiliki harga yang tinggi (mahal), butuh perjuangan untuk dapat memilikinya. Oleh karenanya banyak yang tergiur menjadi pengedar karena hasil yang begitu menggiurkan.Namun naas bagi seorang pecandu yang masih berusia di bawah umur atau yang belum bekerja. Untuk mendapatkan obat terlarang ini, seorang pecandu rela melakukan perbuatan kriminal seperti mencuri, merampok, dan sebagainya agar dapat membeli narkoba.

4. Kematian

Hal fatal yang diakibatkan oleh narkoba ialah kematian. BNN mengungkapkan sekitar 33 pecandu yang mati setiap harinya karena obat terlarang ini. Tingkat konsumsi obat ini akan menigkat dari waktu ke waktu, artinya begini nilai konsumsinya akan meningkat pada konsumsi berikutnya. Misal saat ini konsumsi hanya satu sendok, konsumsi selanjutnya akan meningkat. Oleh karena itu, pengkonsumsian yang berlebihan akan menimbulkan overdosis yang menyebabkan organ di dalam tubuh tidak dapat mentolerir racun yang masuk sehingga berujung pada kematian. 

Data BNN mencatat pengguna narkoba meningkat dari tahun ke tahun. Mirisnya sebagian besar pecandu dari kalangan remaja. Usia remaja memang rentan dan paling empuk menjadi sasaran obat-obatan terlarang ini. Ditinjau dari segi psikologi, usia remaja memiliki sifat yang masih labil dan cenderung ikut-ikutan dengan teman sepergaulan tanpa memilah-milah mana yang baik dan buruk. Lingkungan pun sangat berpengaruh akan penyebaran obat terlarang ini. Bahkan seorang pengedar yang telah ditangkap dan dipenjara masih dapat mengendalikan penyebaran narkoba. Dan yang paling menghebohkan, sipir penjara ikut terlibat dalam masuknya obat-obatan ini ke penjara. Kasus narkoba masih menjadi PR besar bagi pemerintah Indonesia. Namun demikian, kita harus turut membantu tercapainya tujuan ini. Pasalnya, negara telah dirugikan dalam triliunan rupiah akibat bisnis benda haram ini. Banyak harapan yang terenggut oleh narkoba. Meski telah banyak program rehabilitasi yang diadakan oleh pemerintah, masih banyak pecandu yang mati terlantar. Oleh karena itu, mari kita saling membahu untuk memerangi narkoba dan melindungi generasi bangsa dari barang haram itu. 

Esai - Pengertian, Tipe, Ciri, dan Penjelasan Lengkap

Esai - Pengertian, Tipe, Ciri, dan Penjelasan Lengkap

Esai - Pengertian, Tipe, Ciri, dan Penjelasan Lengkap - Menurut kamus besar bahasa indonesia (kBBI), esai merupakan suatu karya sastra tulis yang termasuk dalam prosa yang membahas suatu kajian (masalah) secara sepintas berdasarkan sudut pandang penulis. 

Sementara itu, Soetomo mendefinisikan esai sebagai suatu karangan pendek berdasarkan cara pandang seseorang dalam menyikapi suatu masalah. Dengan kata lain, esai merupakan karya tulis berupa opini atau pendapat seseorang terhadap suatu permasalahan yang sadang ramai diperbincangkan atau yang menarik perhatian penulis esai. Esai hampir sama dengan tajuk rencana pada sebuah surat kabar, hanya saja sedikit berbeda. Jika tajuk rencana hanya boleh ditulis oleh kepala editor, esai dapat ditulis oleh semua orang. Hal ini karena esai merupakan sebuah artikel yang memuat pendapat seseorang terhadap suatu masalah. Meski demikian, esai memiliki bentuk yang beragam bergantung pada penulisnya. Gaya bahasa yang digunakan oleh tiap-tiap penulis berbeda-beda sehingga akan mempengaruhi bentuk esai yang ia tulis. Secara umum, sebuah karya dapat digolongkan ke dalam esai yaitu apabila jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Karangan pendek. Esai merupakan salah satu jenis prosa yang merupakan karya sastra berbentuk tulisa. Esai ditulis dengan jumlah kalimat yang singkat (pendek) oleh karenanya berisi kajian yang singkat padat dan jelas. 

2. Memiliki gaya bahasa yang khas. Esai dapat ditulis oleh semua orang yang menanggapi suatu permasalah atau mengangkat permasalahan untuk diperbincangkan, oleh karenanya esai memiliki gaya bahasa yang khas sesuai dengan karakter penulisnya. 

Tidaklah sulit menulis esai, semua tergantung pada keterampilan yang dimiliki oleh penulis. Bagi seseorang yang terbiasa menulis esai, tentulah hal ini bukanlah hal yang sulit dibanding dengan seseorang yang belum mengalaminya. Intinya, esai dapat ditulis oleh semua orang, agar dapat lebih mudah dalam menulis esai, tentulah seorang penulis mengetahui terlebih dahulu masalah yang hendak diperbincangkan, ditambah dengan pengetahuan teori (atau pengalaman) penulis terhadap permasalahan tersebut. Hal ini untuk membuktikan bahwa tulisan tersebut dapat digunakan acuan, bahan pemikiran bagi orang lain. Oleh karenanya keterampilan analisis juga dibutuhkan dalam menulis esai. Keragaman permaslahan yang muncul, membuat esai dibagi dalam beberapa kategori, yaitu:

1. Deskriptif, merupakan jenis esai yang mendekripsikan seseorang atau benda (subjek atau objek) yang menarik perhatian pengarang. Objek yang dideskripsikan dalam jenis esai ini dapat berupa rumah, hewan, dan lain-lain. Intinya dalam jenis esai ini penulis mendeskripsikan suatu objek yang menarik perhatiannya.

2. Tajuk, merupakan jenis esai yang sering dimuat dalam surat kabar. Jenis esai ini menyikapi isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat (politik, kebijakan pemerintah, dan lain-lain). Esai tajuk biasanya dimuat dalam kolom opini yang merupakan wadah aspirasi masyarakat untuk mengungkapkan pandangannya terhadap isyu yang sedangberkembang. Tak hanya kebijkan politik, esai tajuk dapat berupa fashion atau hal lainnya, tergantung pada jenis surat kabarnya (koran, majalah otomotif, fashion, dan lainnya). 
3. Cukilan watak, dalam esai jenis ini emungkinkan seorang penulis membeberkan cukilan (cuplikan) watak seseorang dalam isu yang terkait kepada pembaca. Dalam esai ini, tidak sedang menulis biografi (kisah seseorang), hanya saja penulis mengungkapkan sepenggal watak yang dimiliki oleh tokoh yang terkait dalam cerita atau isu dalam esai tersebt.

4. Pribadi, serupa dengan esai cukilan watak, hanya saja dalam esai pribadi, penulis esai menceritakan dirinya dalam esai tersebut.  Dengan lantang penulis mengatakan pendapatannya terhadap isu yang menarik perhatiannya. 

5. Reflektif, merupakan esai yang ditulis untuk merenungkan suatu isu politik, kebijakan pemerintah, dan isu penting lainnya yang biasanya ditulis oleh cendikiawan untuk menanggapi isu-isu tersebut.

6. Kritik,  merupka jenis esai yang berisi suatu kritikan terhadap sesuatu (karya seni).
Meski tak ada format khusus dalam menulis esai, tuisan esai dapat digolongkan menjadi bagian-bagian:

- Pertama, pada bagian awal-awal (pertama), penulis menngenalkan latar belakang masalah.
- Tengah, bagian ini merupakan bagian yang berisi informasi tentang isu serta pendapat penulis.
- Terakhir, merupakan bagian final atau kesimpulan pandangan penuis terhadap isu yang sedang diperbincangkan. Beberapa penulis menyajikan hasil observasi tau penelitian pada bagian terakhir ini. 

Berikut beberapa langkah yang dapat digunakan sebagai acuan dalam menulis esai:

- Tentukan tema isu yang akan diangkat
- Membuat garis besar ide pokok yang akan dikembangkan pada paragraf
- Mengembangkan ide pokok pada paragraf disertai dengan pendapat penulis terhadapnya. 
- Menyimpulkan 

Dengan sering membaca maka akan membantu seseorang dalam menuliskan sebuah esai terhadap isu yang sedang in di masyarakat.  Demikian artikel menngenai esai.  Semoga membantu.

Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai

Rabu, 17 Mei 2017

Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai

Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai - Essay adalah sebuah tulisan yang mengandung opini, pandangan, atau ekspresi pribadi mengenai sebuah hal yang sedang berlangsung di masyarakat. Agar maksud yang ingin disampaikan dalam sebuah essay bisa tesampaikan dengan baik, maka sebuah essay harus ditulis dengan sebaik mungkin. Berikut ini adalah cara membuat essay yang baik :

1. Tentukan tema yang menarik

Sebelum menulis sebuah essay, tentukan terlebih dahulu essay apa yang ingin Anda tulis. Sebuah tema yang bagus akan mempengaruhi isi keseluruhan essay tersebut. Oleh karena itu, pilihlah tema yang sedang hangat – hangatnya terjadi, sehingga para pembaca mau meluangkan waktunya untuk membaca essay yang akan Anda tulis.

2. Lakukan research

Setelah mendapatkan tema, lakukanlah research melaui buku atau internet tentang tema tersebut. Hal ini dilakukan untuk mendukung argument – argument yang ingin Anda tulis di dalam essay, sehingga pendapat Anda akan semakin kuat. Jika essay Anda didukung dengan data seperti, fakta, contoh, teori, dan lain – lain, maka esaay tersebut akan menjadi bagus. Sebaliknya, jika essay Anda tidak memiliki data – data pendukung, tulisan Anda ini akan dianggap omong kosong dan orang – orang tidak akan percaya dengan essay yang Anda buat. 

3. Membuat outline

Membuat kerangka atau outline sangat berguna ketika membuat sebuah karya tulis. Hal ini dilakukan untuk menyususn ide – ide yang ingin diungkapkan. Selain itu, dengan outline, tulisan Anda tidak akan keluar dari ide atau tema, sehingga essay Anda akan koherence dan logis. 

4. Memperhatikan pemilihan kata

Essay yang baik adalah essay yang menggunakan bahasa yang baik, karena essay adalah karya tulis formal. Oleh karena itu gunakanlah bahasa – bahasa yang formal. Disamping itu, Anda juga perlu mempertimbangkan siapa calon pembaca essay. Jika calon pembaca essay Anda adalah para intelektual, gunakanlah bahasa intelektual pula. Sebaliknya, jika calon pembaca adalah masyarakat umum, gunakanlah bahasa umum, tetapi tetap menggunakan bahasa formal. Hal ini dilakukan untuk membuat essay Anda selain bagus secara struktur, juga baik secara konteks, karena mudah dipahami.

5. Kerjakan

Setelah hal – hal di atas telah selesai dilakukan, mulailah menulis. Dalam menulis essay ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu :

Introduction

Introduction adalah bagian awal essay, Bagian ini mengungkapkan hal yang akan dibahas di dalam sebuah essay. Selain itu, di dalam introduction juga terdapat statement Anda tentang suatu pemasalahan yang akan dibahas, tulislah statement tersebut dengan bahasa yang bisa menimbulkan pertanyaan dan keingintahuan dari pembaca untuk mencari tahu alasan – alasan  tentang statement tersebut.

Isi

Bagian selanjunya adalah isi. Bagian ini mengandung garis besar keseluruhan isi essay. Tulislah dengan mengacu pada point – point pada outline yang telah dibuat. Kembangkanlah point – point tersebut dan jangan lupa untuk memberikan pendukung berupa data agar opini Anda tidak lemah.

Penutup

Bagian selanjutnya adalah penutup. Bagian ini berupa konklusi atau kesimpulan dari essay. Tulislah kembali point – point pada bagian isi dengan bahasa lain dan dalam satu kalimat. Sebuah kesimpulan harus mewakili isi essay tersebut dan janganlah memunculkan ide atau topik baru pada bagain penutup. 

6. Judul

Judul juga penting dalam membuat essay. Judul yang baik adalah judul yang bisa memikat perhatian orang lain, sehingga mereka tertarik untuk membacanya. 


Contoh Esai

Kebut Kebutan Menbawa petaka

Akhir – akhir ini sering sekali terjadi kecelakaan di jalan raya, terutama pada musim mudik atau menjelang lebaran. Kecelakaan – kecelakaan tersebut disebabkan oleh banyak faktor, seperti faktor kelelahan, mengantuk, kebut-kebutan, mesin yang tidak fit, dan lain – lain. Namun, dari banyaknya faktor tersebut, kebut-kebutan adalah faktor yang paling berbahaya diantara semua faktor – faktor lainnya. 

Menurut data yang diperoleh dari kepolisian dan jasa raharja, pada tahun lalu terjadi 1900 kasus kecelakaan di jalan raya akibat kebut-kebutan. kebut-kebutan di jalan raya sangatlah berbahaya karena menyebabkan kerugian baik bagi diri senidri maupun orang lain. Untuk meyakinkan statement di atas, berikut ini adalah dua paragaf yang membahas tentang kerugian akibat kebut-kebutan di jalan raya.

Yang pertama adalah, kebut-kebutan bisa mencelakai diri sendiri dan orang – orang terkasih. Mengendari kendaraan di luar batas normal akan menyebabkab kecelakaan, sehingga melukai diri sendiri dan orang – orang terkasih yang ada di dalam mobil. Bahkan tidak hanya melukai, tetapi juga bisa mengambil nyawa mereka yang kebut-kebutan di jalan raya. Data dari kepolisian juga mengungkapkan bahwa dari 1900 kasus kecelakaan akibat kebut-kebutan, sekitar 5034 orang meninggal dunia.

Kedua, kebut-kebutan bisa mencelakai orang lain, khusunya pejalan kaki. Para pengemudi yang memacu kendaraannya di luar batas bisa kehilangan control akan kendaraanya, sehingga akan menabarak para pejalan kaki. Contohnya kasus yang terjadi di Tugu Tani, Jakarta lima tahun lalu, sebanyak 17 orang meninggal dunia, dan 20 lainya luka – luka, akibat tertabrak mobil yang dikendarai oleh seorang wanita.

Oleh karena itu, kebut-kebutan bisa menyebabkan kecelakaan dan mengantarkan kematian di jalan raya, tidak hanya bagi pengemudi, tetapi juga bagi orang lain yang ikut menggunakan jalan raya yang tidak bersalah.  

Thalassodendron ciliatum


Rabu, 17 Mei 2017
KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan rahmat-Nya, kami dapat menyusun paper ilmiah yang  berjudul LAMUN, Thalassodendron ciliatum dengan lancar.
Adapun maksud penyusunan paper ilmiah ini untuk memenuhi tugas Marine Camp. Rasa terima kasih kami tidak terkirakan kepada kakak panitia MC, teman-teman serta semua pihak yang telah mendukung dalam penyusunan paper ini yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Harapan kami bahwa karya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang lamun.
Kami menyadari bahwa karya tulis ini masih jauh dari sempurna dengan keterbatasan yang kami miliki. Tegur sapa dari pembaca akan kami terima dengan tangan terbuka demi perbaikan dan penyempurnaan karya tulis ini. 

                                                                            Purwokerto, 15 November 2016 

                                                                                          Penulis 





DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I. PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

1.2   Rumusan Masalah           

1.3  Tujuan                              

BAB II. ISI DAN PEMBAHASAN

            2.1 Deskripsi

            2.2 Klasifikasi dan Morfologi

            2.3 Penyebaran

BAB III. PENUTUP

3.1 Kesimpulan

3.2 Kritik dan Saran

DAFTAR PUSTAKA

























BAB I

PENDAHULUAN



1.1  Latar Belakang



Perairan pesisir merupakan lingkungan yang memperoleh sinar matahari cukup yang dapat menembus sampai ke dasar perairan. Di perairan ini juga kaya akan nutrien karena mendapat pasokan dari dua tempat yaitu darat dan lautan sehingga merupakan ekosistem yang tinggi produktifitas organiknya. Karena lingkungan yang sangat mendukung di perairan pesisir maka tumbuhan lamun dapat hidup dan berkembang secara optimal. Lamun (seagrass) adalah tumbuhan berbunga (angiospermae) yang tumbuh dan berkembang baik di lingkungan perairan pesisir mulai dari daerah pasang surut sampai pada kedalaman 40 m. Dari 20 jenis lamun yang dijumpai di perairan asia Tenggara, 12 jenis terdapat di perairan Indonesia (Den Hartog, 1970 dalam Kiswara, 2012).

Bentuk vegetatif lamun memperlihatkan karakter tingkat keseragaman yang tinggi. Hampir semua genera lamun (Seagrass) memiliki rhizoma yang sudah berkembang dengan baik dan bentuk daun yang memanjang (linear) atau berbentuk sangat panjang seperti ikat pinggang (belt), kecuali jenis Halophila memiliki bentuk lonjong. Berbagai bentuk pertumbuhan tersebut mempunyai kaitan dengan perbedaan ekologik lamun. Semua lamun memiliki lebih atau kurang rhizoma yang utamanya adalah herbaceous, walaupun pada Thallasodendron ciliatum (percabangan simpodial) yang memiliki rhizoma berkayu yang memungkinkan spesies ini hidup pada habitat karang yang bervariasi dimana spesies lain tidak bisa hidup (Anggraini, 2013).



1.2  Rumusan Masalah



1.      Apakah Thalassodendron ciliatum itu?

2.      Bagaimana klasifikasi dan morfologi lamun jenis Thalassodendron ciliatum?

3.      Dimana saja penyebaran lamun jenis ini?

1.3  Tujuan



1.      Mengetahui apa itu Thalassodendron ciliatum

2.      Mengetahui klasifikasi dan morfologi dari lamun jenis Thalassodendron ciliatum

3.      Mengetahui daerah penyebaran lamun jenis Thalassodendron ciliatum







































BAB II

ISI DAN PEMBAHASAN



2.1 Deskripsi

Thalassodendron ciliatum atau lamun kayu memiliki rhizoma yang sangat keras dan berkayu, terdapat ligule, akar berjumlah 1-5, ujung daun membentuk seperti gigi, dan helaian daunnya lebar serta pipih. Daun-daunnya berbentuk sabit, dimana agak menyempit pada bagian pangkalnya, ujung daun membulat seperti gigi, tulang daun lebih dari tiga. (Anggraini, 2013).

Rimpang mempunyai ruas-ruas dengan panjang 1,5 sampai 3,0 cm. Tegakan batang mencapai 10 sampai 65 cm. Daun-daunnya berbentuk seperti pita. Akar dan rimpangnya sangat kuat sehingga sangat cocok untuk hidup pada berbagai tipe sedimen termasuk di sekitar bongkahan batuan karang. Adapun bentuk lamun jenis Thalassodendron ciliatum dapat dilihat pada Gambar 1 diatas. Lamun jenis Thalassodendron ciliatum dijumpai pada dasar perairan yang cekung dan berdekatan dengan daerah tubir terumbu karang (Azkab, 2014).

Struktur rhizoma dan batang lamun memiliki variasi yang sangat tinggi tergantung dari susunan saluran di dalam stele. Rhizoma, bersama sama dengan akar, menancapkan tumbuhan ke dalam substrat. Rhizoma seringkali terbenam di dalam substrat yang dapat meluas secara ekstensif dan memiliki peran yang utama pada reproduksi secara vegetatif. Dan reproduksi yang dilakukan secara vegetatif merupakan hal yang lebih penting daripada reproduksi dengan pembibitan karena lebih menguntungkan untuk penyebaran lamun. Rhizoma merupakan 60-80% biomas lamun (Nasmia, 2012).









2.2 Klasifikasi dan Morfologi

Klasifikasi taksonomis dari lamun kayu (Thalassodendron ciliatum)

Kingdom  : Plantae

        Divisi       : Anthophyta

Kelas         : Angiospermae

Ordo                : Helobiae

Famili              : Cymodoceaceae

Genus              : Thalassodendron

Spesies            Thalassodendron ciliatum

 Image result for thalassodendron ciliatum

Gambar 1. Thalassodendron ciliatum (sumber : Google)



            2.3 Penyebaran

           

            Dari beberapa jenis yang ada di Indonesia, terdapat jenis lamun kayu (Thalassodendron ciliatum) yang penyebarannya sangat terbatas dan terutama di wilayah timur perairan Indonesia, kecuali juga ditemukan di daerah terumbu tepi di kepulauan Riau. Jenis-jenis lamun tersebut membentuk padang lamun baik yang bersifat padang lamun monospesifik maupun padang lamun campuran yang luasnya diperkirakan mencapai 30.000 km2 (Nienhuis, 1993 dalam Kiswara, 2012).

            Kemampuannya untuk tumbuh pada substrat yang keras menjadikan Thalassodendron ciliatum memiliki energi yang kuat dan dapat hidup berkoloni disepanjang hamparan terumbu karang di pantai selatan Bali, yang merupakan perairan yang terbuka terhadap laut Indian yang memiliki gelombang yang kuat (Nasmia, 2012).

BAB III

PENUTUP



3.1  Kesimpulan



Thalassodendron ciliatum merupakan jenis lamun yang rhizome nya sangat keras sehingga disebut dengan lamun kayu dan bereproduksi secara vegetative.

Cymodoceaceae adalah famili dari lamun ini dan masuk ke dalam divisi Anthophyta.

Thalassodendron ciliatum banyak tumbuh di daerah kedalaman sedang atau daerah pasang surut dengan kedalaman perairan berkisar antara 1-5 meter maupun pada perairan dalam dengan kisaran 5-35 meter.



3.2  Kritik dan Saran



Adapun saran agar paper ilmiah ini tidak hanya dibaca oleh mahasiswa ilmu kelautan saja, tetapi bisa dipublikasikan diluar jurusan kelautan agar pengetahuan mengenai lamun dapat bertambah.





























DAFTAR PUSTAKA



Anggraini, K. 2013. Mengenal Ekosistem Perairan. Jakarta. Grasindo

Azkab, M. H. 2014. Panduan Monitoring Padang Lamun. Jakarta : COREMAP CTI LIPI 2014

Nasmia. 2012. Produk Alam Laut dari Rumput Laut (Seaweeds) dan Lamun (Seagrass).Tugas Mata Kuliah Bioteknologi Bahan Hayati Alam Laut. Ilmu Pertanian. Program Pascasarjanan S3.Universitas Hasanuddin, Makassar

Kiswara, W. 2012. Habitat dan Sebaran Geografik Lamun. Oseana, Volume X, No 1. LIPI. Jakarta

Tuesday, May 16, 2017

Ingin Mendapatkan Beasiswa Kuliah? Baca 3 Tips Ini!

Rabu, 17 Mei 2017

Ingin Mendapatkan Beasiswa Kuliah? Baca 3 Tips Ini!

Beasiswa dari univesitas sendiri didapatakan setelah kita terdaftar sebagai mahasiswa di PT tersebut. Biasanya kita dapatkan saat awal-awal semester. Caranya, kita lihat nilai kita apakah sudah memenuhi sarat dari PT untuk mendapatkan beasiswa tersebut, jika sudah langsung saja tanya ke bagian Tata Usaha dari PT tersebut.

Untuk beasiswa dari pemerintah jenisnya lebih spesifik. Beasiswa ini bisa didapatkan dengan melihat prestasi personal atau kebutuhan penerima, misalkan kita mempunyai prestasi dalam bidang olahraga, kita bisa mengajukan beasiswa tersebut ke pemerintah karena kita sudah ikut mengharumkan nama dari daerah atau bahkan negeri tercinta ini. Sedangkan, jika dilihat dari kebutuhan calon penerima beasiswa bisa karena calon penerima mempunyai kekurangan fisik, atau karena terdapat di daerah terpencil, namun kebanyakan calon penerima beralasan kekurangan dana, atau benar-benar tidak mampu secara finansial namun unggul dalam hal akademis.

Sedangkan untuk beasiswa yang berasal dari pemerintah swasta, kita bisa tanyakan ke orang tua apakan di tempat mereka bekerja terdapat beasiswa untuk keluarga karyawan. Jika ada, maka tidak ada salahnya kita meminta kepada orang tua untuk mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa. Tapi, semua itu juga harus dibarengi dengan kemampuan akademis masing-masing personal.

Oke, sekarang kita mulai masuk kepada ‘tips agar kita bisa mendapatkan beasiswa’ tersebut, terutama bagi yang sudah menjalani masa perkuliahan terlebih untuk yang semester awal.


Tips pertama: Lihat peluang yang ada

Bagi kamu yang sudah menjadi mahasiswa di PT mana saja, kamu harus dengan jeli memperhatikan peluang-peluang yang ada, dengan cara rajin-rajinlah mengunjungi TU. Bukan untuk mencari pacar pegawai TU kampus, tetapi untuk bertanya apakah ada beasiswa bagi mahasiswa di kampus tersebut. Jika ada, manfaatkan peluang tersebut, jika tidak ada maka sobat sekalian bisa mencari di luar kampus, bisa dari pemerintah atau perusahaan swasta tempat orang tua sobat bekerja. Jika kamu mendapat kabar beasiswa dari pemerintah, maka kamu harus segera mendaftarkan sebagai calon penerima beasiswa tersebut, dengan memperhatikan kemampuan atau prestasi yang kamu punya.
Kemampuan kamu bisa dari segi olahraga atau dari segi akademik. Contohnya, kamu menjadi atlet nasional dalam bidang olahraga, maka itulah prestasimu. Jika pernah mewakili daerah atau negara dalam lomba akademi, maka itu peluang yang kamu punya. Jadi, kita harus benar-benar melihat peluang yang ada.


Tips kedua: Rajin belajar

Yups, yang satu ini adalah modal utama untuk medapatkan beasiswa. Rajinlah belajar, maka kesempatan yang sobat punya semakin besar. Terutama untuk sobat yang sudah berkuliah di PT yang menyediakan beasiswa. Bagaimana mungkin kamu akan mendapatkan beasiswa apabila nilaimu tidak memenuhi persyaratan. Bukan hanya nilai yang menjadi sarat untuk mendapat beasiswa, namun dari segi extrakulikulerpun sobat bisa mengajukan ke universitas untuk mendapatkan beasiswa. Intinya, kamu harus rajin belajar, bukan hanya dari segi akademik tapi bisa dari segi extrakulikuler.


Tips ketiga: Rajin buka website

Yang satu ini bukan syarat mutlak, tapi bisa membantu kamu untuk mencari kabar beasiswa tersebut, terutama beasiswa dari pemerintah Indonesia yang tercinta ini. Banyak orang atau pelajar yang kurang mengetahui kabar beasiswa karena kurang sosialisasi dari pemerintah dan lebih sering disebarkan melalui dunia maya. So, rajin-rajinlah buka website yng tentunya berhubungan dengan beasiswa, ya!


Oke guys. Bagaimana? Sudah ada pencerahan bagaimana cara mendapatkan beasiswa? Jika sudah, silahkan lakukan langkah-langkah selanjutnya dan semoga berhasil!